5 Tips Perawatan Kulit Sensitif



Banyak orang mengklaim bahwa mereka memiliki kulit sensitif ketika mereka keluar setelah menggunakan produk tertentu atau terkena sinar matahari. Namun, kebanyakan dari tidak, penyebab di balik kulit berjerawat dan jerawat menggunakan produk yang tidak pantas untuk jenis kulit seseorang dan kebiasaan kulit yang buruk. Jika Anda salah satu dari sekian banyak yang keluar atau gatal setelah terpapar sinar matahari atau menggunakan produk, itu ide yang baik untuk menentukan apakah kulit sensitif benar-benar penyebab atau sesuatu yang lain.

Bagaimana cara mengetahui apakah Anda memiliki kulit sensitif?

Secara umum, kulit sensitif tipis dengan kapiler yang terlihat pecah di bawah permukaan kulit. Kulit sensitif juga memiliki pori-pori halus. Saat terkena perubahan suhu sedang, kulit sensitif memerah dengan mudah, baik dari dingin atau panas. Kulit sensitif cenderung mudah gosok ketika terkena kotoran atau bahkan produk perawatan kulit kekuatan sedang. Jika kulit Anda menunjukkan tanda-tanda ini, kemungkinan besar Anda memiliki kulit sensitif. Untuk penilaian kulit menyeluruh, kunjungan ke dokter kulit dapat dilakukan.

Karena merawat kulit sensitif bisa sangat sulit, disarankan untuk membatasi penggunaan produk perawatan kulit. Umumnya, rejimen perawatan kulit sederhana lebih efektif pada kulit sensitif karena mencegah kelebihan produk. Perawatan kulit sensitif bergantung pada penguatan kulit untuk mengurangi sensitivitas dan meningkatkan toleransi.

Bagaimana cara merawat kulit sensitif?

1. Hidrasi kulit Anda.

Kulit sensitif rentan terhadap kekeringan yang dapat menyebabkan peningkatan sensitivitas. Minum delapan gelas atau lebih air dan menerapkan pelembab yang ringan dan hypoallergenic sehari dapat membantu mengembalikan kelembaban kulit atau penghalang lipid yang bertindak sebagai mekanisme pertahanan melawan alergen.

2. Makan makanan ramah kulit.

Buah-buahan, sayuran, dan makanan kaya air lainnya sangat penting dalam memperbaiki ketidakseimbangan kulit. Kandungan vitamin, mineral, dan air dari makanan ini melembabkan kulit Anda dan mengembalikan kesehatannya. Di sisi lain, makan makanan pedas dan minum alkohol dan minuman berkafein dapat meningkatkan sensitivitas kulit Anda.

3. Batasi paparan sinar matahari.

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit sensitif memerah dan terbakar dengan mudah. Sebelum pergi keluar, oleskan pelindung matahari pada wajah Anda menggunakan tabir surya dan pada tubuh Anda dengan lotion tabir surya. Anda dapat memperluas perlindungan ke bibir Anda untuk mencegahnya menjadi gelap. Menerapkan lip balm yang kaya SPF di bawah lipstik atau gloss Anda dapat membantu melindungi bibir Anda. Payung, kacamata hitam, dan topi melindungi tubuh, mata, dan wajah Anda dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

4. Lindungi kulit setiap saat.

Bahkan ketika Anda berada di dalam ruangan, kulit Anda masih membutuhkan perlindungan. Jika Anda tinggal di ruangan ber-AC atau dengan pemanas yang dipaksakan, sering-seringlah menggunakan pelembab ringan. ini akan mencegah kulit Anda mengering karena suhu yang ekstrem.

5. Hindari produk dengan pewarna buatan dan pewangi sintetis.

Pewarna dan pewangi ditambahkan ke produk perawatan kulit hanya untuk meningkatkan daya tarik pemasaran. Kulit Anda sebenarnya tidak mendapat manfaat dari penambahan ini. Seringkali, mereka bahkan menyebabkan reaksi alergi dan meningkatkan sensitivitas kulit Anda.

Selain tips ini, ada baiknya juga beralih ke produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Penilaian kulit yang menyeluruh dan konsultasi dengan dokter kulit dapat mengungkapkan kepada Anda teknik dan produk perawatan kulit yang dapat membantu memperkuat kulit Anda dan meminimalkan kepekaannya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>